Kamis, 04 Oktober 2018

Sistem Informasi Psikologi


Definisi


I.                  Pengertian Sistem Informasi

Menurut Muhyuzir (2001) sistem informasi adalah data yang dikumpulkan, dikelompokkan dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah satu kesatuan informasi yang saling terkait dan saling mendukung sehingga menjadi suatu informasi yang berharga bagi yang menerimanya.
Menurut Tata Sutabri (2005) sistem informasi adalah suatu sistem didalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transasksi harian yang mendukung fungsi organisasi yang bersifat manajerial dalam kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
Menurut O’Brien (2005) sistem informasi adalah suatu kombinasi teratur apapun dari people (orang), hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), computer networks and data communications (jaringan komunikasi), dan database (basis data) yang mengumpulkan, mengubah dan menyebarkan informasi di dalam suatu bentuk orgnisasi.
Jadi, sistem informasi adalah suatu sistem yang berbentuk data atau suatu kombinasi yang teratur dari beberapa item, yang dikelompokkan, dikumpulkan dan diolah menjadi suatu bentuk organisasi informasi.









II.                Pengertian Psikologi

Menurut Muhibbinsyah (2001) psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan.
Menurut Gardner Murphy (dalam Sarwono, 2009) berpendapat bahwa psikologi adaah ilmu yang mempelajari respons yang diberikan oleh makhluk hidup terhadap lingkungannya.
Menurut Sukmadinata (dalam Nurussakinah, 2014) psikologi adalah suatu ilmu yang mempelajari perilaku atau kegiatan individu. Individu yang dimaksud disini adalah individu manusi tetapi bukan manusia pada umumnya, melainkan manusia tertentu yang bersifat spesifik atau khas.
Jadi, psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku dan respons manusia yang bersifat spesifik terhadap lingkungannya.

III.             Sistem Informasi Psikologi

Berdasarkan pengertian-pengertian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa sistem informasi psikologi adalah suatu sistem yang didalamnya terdapat kombinasi antara manusia dan tekhnologi yang pada akhirnya akan diolah menjadi data untuk mengenal perilaku manusia sehingga menghasilkan informasi yang dapat digunakan untuk tujuan tertentu.









Daftar Pustaka

Tata Sutabri, Sistem Informasi Manajemen, 2005, Yogyakarta, Andi
Muhyuzir T.D., 2001, Analisa Perancangan Sistem Pengolahan Data, Cetakan Kedua, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta
O’Brien, James A., 2005, Pengantar Sistem Informasi, Salemba 4, Jakarta
Muhibbinsyah. 2001. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sarwono, S.W. 2009. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta : Rajawali Pers
Daulay, N. 2014. Pengantar Psikologi Dan Pandangan Al-Qur’an Tentang Psikologi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group


Tidak ada komentar:

Posting Komentar