Senin, 27 Juni 2016

Energi Alternatif Yang Dapat Dimanfaatkan Untuk Daerah Tertentu

Pada umumnya sumber energi alternatif yang ada saat ini, digunakan untuk pembangkit listrik dan bahan bakar. Sumber energi di lingkungan sekitar kita yang dapat dimanfaatkan sebagai energi alternatif pembangkit listrik di antaranya adalah energi air, energi angin, energi panas bumi, dan energi nuklir.
Air Sebagai Sumber Energi Alternatif
Di daerah pedesaan yang belum terjangkau oleh listrik, masyarakat memanfaatkan air sebagai sumber energi listrik. Mereka membuat kincir air yang diletakkan di aliran sungai yang cukup deras. Kincir air ini berfungsi menggerakkan generator atau turbin yang nantinya dapat menghasilkan listrik.
Salah satu contoh terdapat di suatu desa terpencil di daerah bengkulu, tepatnya di Utara kabupaten Lebong, yaitu desa Sungai Lisai. Keterisoliran Desa Sungai Lisai tak semata-mata membuat Desa ini terbelenggu oleh kegelapan. Hal ini dibuktikan dengan bertebarnya pembangkit listrik dengan tenaga kincir air yang dibuat oleh warga. Tak ayal Desa ini terdapat beberapa kincir yang bisa menerangi seluruh Desa.
Sejak lama, Indonesia telah menggunakan energi air sebagai sumber tenaga listrik, yaitu dengan adanya pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Seiring kemajuan teknologi, kini dikembangkan pembangkit listrik tenaga panas bumi, nuklir, dan gelombang laut. Selain air, angin merupakan sumber energi alternatif yang dapat dimanfatkan untuk pembangkit listrik. Kamu mungkin pernah melihat adanya kincir angin di suatu tempat. Adanya angin menyebabkan kincir angin dapat berputar dan menggerakkan generator yang ada di dalamnya sehingga menghasilkan energi listrik

Sumber: 
https://henisintapadma.wordpress.com/2013/10/20/energi-alternatif-di-lingkungan-sekitar-ipa-iv/
http://kupasbengkulu.com/tidak-ada-listrik-desa-ini-manfaatkan-kincir-air

Tidak ada komentar:

Posting Komentar