Senin, 18 Juli 2016

Definisi Tes Psikologi

Tes psikologi adalah suatu tekhnik yang terstruktur yang digunakan untuk menghasilkan satu contoh perilaku terpilih. Contoh perilaku ini digunakan untuk membuat kesimpulan tentang atribut-atribut psikologis dari diri seseorang yang sedang dites. Beberapa contoh atribut orag adalah itelegensi, self esteem (harga diri), need for achievement (kebutuhan berprestasi), dan sebagainya. Tes ini ada beberapa jenis, dan di beberapa tes melibatkan situasi open-ended dengan stimulus standar (misalnya : serangkaian gambar); cara ini sering digunakan untuk mengeluarkan respon-respon yag bersifat pribadi (seperti misalnya komposisi cerita dalam merespon gambar-gambar). Tes-tes yang lain melibatkan situasi yang sangat terstruktur dimana rentang jawaban yang mungkin sempit dan jawabannya hanya benar atau salah. Tes-tes bukan sesuatu yang gaibatau sesuatu yang misterius. Ada cara standar untuk menghasilkan sampel perilaku orang. Tetapi pengukuran perilaku ini dipertimbangkan lebih informatif daripada pengukuran berdasarkan observasi yang acak dari perilaku seseorang. Nilai khusus cara pengukuran seperti ini adalah (Morgan dkk., 1986):
1.  Seragam. Prosedur ditentukan secara tepat sehingga tester yang berbeda akan mengikuti langkah-langkah yang sama setiap kali mereka melakukan tes. Ini berarti bahwa hasil tes dari orang berbeda-beda (atau orang yang sama dites pada saat yang berbeda) dapat dibandingkan secara langsung.
2. Objektif. Aturan untuk penilaian diuraikan dengan jelas, seperti aturan untuk pelaksanaan tes. Jadi, masukan subjektif dan tester diminimalkan dan potensi adanya bias pribadi dalam skoring tes selalu dapat dikontrol.
3. Dapat diinterpretasikan. Tes-tes yang lebih baik telah dijadikan subjek penelitian yang membuat skor tes punya arti untuk ahli psikologi. Contohnya : penelitian mungkin menunjukkan ciri-ciri dari orang yang cenderung dihubungkan dengan skor yang rendah atau tinggi

Sumber : Seri Diktat Kuliah Psikologi Umum 2 Uiversitas Gunadarma (B.P Dwi Riyanti dan Hendro Prabowo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar