Rabu, 20 Juli 2016

Otak dan Perilaku Refleks

                         Otak dan Perilaku Refleks
A. Membentuk Otak
Pertumbuhan otak adalah proses dasar bagi perkembangan fisik, kognitif, dan emosional. Otak lahir sekitar seperempat sampai sepertiga volume orang dewasa (Toga, Thompson, & Sowell, 2006). Pada usia 6 tahun, hampir seukuran orang dewasa, tetapi bagian tertentu dari otak terus bertumbuh dan berkembang secara fungsional menjadi dewasa. Pertumbuhan otak terjadi dalam kecocokan dan mulai disebut sebagai semburan pertumbuhan otak. Berbagai bagian otak tumbuh lebih cepat pada waktu yang berbeda.
B. Bagian Utama dari Otak
Perkembangan otak dimulai sekitar 3 minggu setelah pembuahan dari tabung berongga panjang yang berbentuk bulat pada sel. Setelah lahir, pertumbuhan dari sumsum tulang belakang dan batang otak (bagian otak bertanggung jawab untuk fungsi dasar seperti bernapas, denyut jantung, suhu tubuh, dan siklus bangun tidur) telah hampir menjalankan tujuan. Otak kecil (bagian dari otak yang mempertahankan keseimbangan dan koordinasi (motorik) tumbuh tercepat selama 1 tahun kehidupan (Casaer,1993). Otak besar (serebrum) bagian terbesar dari otak, dibagi menjadi 2 bagian yaitu kanan dan kiri. Bagian-bagian tersebut mempunyai fungsi-fungsi khusus, disebut lateralisasi. Otak kiri berkaitan dengan bahasa dan logika berpikir, sedangkan otak kanan berhubungan dengan hal-hal spasial dan visual seperti membaca peta dan menggambar. Kemudian bergabung dengan dua belahan yang jaringannya lebih keras disebut korpus kalosum, yang membuat untuk berbagi informasi dan mengkoordinasikan perintah. Pertumbuhan otak yang dimulai pada sekitar trimester ketiga kehamilan dan berlanjut sampai tahun ke-4 kehidupan penting untuk perkembangan fungsi syaraf. Tersenyum, merangkah, berjalan, berbicara adalah hal perkembangan otak yang cepat, pada bagian korteks serebral.
C. Sel Otak
Otak terdiri dari neuron dan sel glial. Neuron atau sel saraf, mengirim dan menerima informasi, sedangkan sel glial memelihara dan melindungi neuron. Pada bulan ke 2 kehamilan, sekitar 250.000 neuron belum matang di produksi setiap menit melalui pembelahan sel (mitosis). Saat lahir, sebagian besar lebih dari 100 miliar neuron di otak yang matang sudah terbentuk, tetapi belum sepenuhnya dikembangkan. Jumlah neuron meningkatkan paling cepat di antara minggu ke-25 kehamilan, dan beberapa bulan setelah lahir.
Neuron pada awalnya hanya badan sel sederhana dengan inti, atau pusat, dengan asam deoksiribonukleat (DNA) berisi pemrograman genetis sel. Sebagian besar neuron berrada di dalam korteks dalam  20 minggu kehamilan, dan struktur yang menjadi lebih baik selama 2 minggu setelahnya. Lalu, neuron tumbuh dengan akson dan dendrit sempit, bercabang, seperti serabut yang panjang. Akson mengirimkan sinyal ke neuron lain, sedangkan dendrit menerima pesan masuk melalui sinapsis, dimana sinapsis adalah celah kecil yang dihubungkan denga bantuan bahan kimia disebut neurotransmiter dilepas oleh neuron dari 5000 menjadi 100.000 hubungan sinaptik dari reseptor sensoris tubuh, otot, dan neuron lain ke dalam sistem saraf pusat.
Pada awalnya, otak memproduksi lebih banyak neuron dan sinapsis. Sel yang tidak berfungsi akan mati. Proses kematian sel disebut pruning dimana proses ini dimulai selama masa kehamilan dan terus setelah kelahiran, membantu menciptakan saraf yang efisien.
D. Mielinasi
Proses meliniasi memungkinkan sinyal untuk melakukan perjalanan lebih cepat dan lebih lancar yang memungkinkan pencapaian fungsi matang. Mielinasi dimulai sekitar pertengahan kehamiilan dibeberapa bagian otak dan berlanjut sampai dewasa pada bagian lain. Mielinasi, jalur lambat visual, lebih lambat matang, dimulai saat lahir dan terus selama 5 bulan pertama kehidupan. Persiapan yang berhubungan dengan pendengaran di awal bulan ke 5 kehamilan belum selesai sampai usia sekitar 4 tahun. Mielinasi jalur sensorik dan motorik sebelum kehamilan disumsum tulang belakang dan setelah lahir di serebral korteks dapat menjelaskan muncul dan hilang refleks awal.
E. Refleks Awal
Perilaku Refleks dapat didefinisikan ketika seseorang secara otomatis berkedip ketika ada cahaya terang. Disinilah terdapat respon bawaan terhadap rangsangan. Perilaku refleks dikendalikan oleh pusat-pusat otak yang lebih rendah yang mengatur proses lain, seperti pernapasan dan detak jantung. Manusia memiliki estimasi sekitar 27 refleks utama. Refleks Primitif, seperti mengisap, mencari puting, dan refleks moro (respons untuk menjadi kaget atau mudah jatuh). Beberapa refleks primitif dapat menjadi bagian dari evolusi manusia, seperti menggenggam. Adapun refleks postural, yaitu reaksi terhadap posisi dan keseiimbangan. Contoh, bayi yang miring ke bawah untuk memperpanjang lengan dalam refleks parasut, upaya naluri untuk beristirahat. Refleks lokomotor, gerakan sukarela yang tidak muncul sampai bulan setelah refleks menghilang. Sebagian refleks menghilang selama usia 6-12 bulan, hilangnya refleks yang tidak dibutuhkan adalah tanda bahwa jalur motorik di korteks sebagian dalam proses mielin, yang memugkinkan pergantian ke perilaku sukarela.
F. Pembentukan Otak : Peran Pengalaman
Perkembangan awal otak berdasarkan genetis sehingga dimodifiikasi secara positif dan negatif oleh pengalaman lingkungan. Kemampuan memodifikasi otak disebut kekenyalan (plasticity). Dengan kekenyalan, dapat terjadi suatu pembelajaran. Perbedaan  kemampuan individu dalam kecerdasan terlihat dalam perbedaan kemampuan otak dalam mengembangkan hubungan saraf dalam menanggapi pengalaman (Garlick,2003).
Periode formatif berlangsung, otak sangat rentan. Penjelasan tentang bahaya obat, racun lingkungan, atau stres ibu sebelum atau sesudah kelahiran dapat mengancam perkembangan otak, dan gizi buruk dapat mengganggu pertumbuhan kognitif awal yang normal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar