Rabu, 20 Juli 2016

Konsep Persepsi

1    Jelaskan dan beri contoh konsep persepsi

Persepsi adalah kesadaran atau tanggapan akan sesuatu yang diterima melalui pancaindera atau bisa dikatakan seperangkat proses mengenali, mengorganisasikan dan memahami serapan-serapan indrawi yang kita terima dari stimulus lingkungan. Keberadaan persepsi menunjukkan bahwa apa yang kita serap (lewat organ-organ indera) tidak selalu sama dengan apa yang kita mengerti (dalam pikiran kita). Konsep-konsep yang berguna untuk mempelajari persepsi seperti objek distal (eksternal), medium informasi, stimulasi proximal, dan objek persepsi. Objek distal adalah objek yang berada di dunia eksternal, contoh : wajah yang kita lihat, suara yang kita dengar. Medium informasi adalah medium yang memperantarai kita untuk menangkap objek distal. Stimulasi proximal adalah proses penerimaan stimulus pada reseptor indera yang tepat, seperti mata, telinga, mulut, hidung,dsb. Objek persepsi adalah objek yang kita identifikasi berdasarkan ketiga proses diatas.
Salah satu contoh dari konsep-konsep tersebut adalah dari objek distal pengecapan cita rasa yaitu menggigit es krim. Lalu medium informasinya adalah molekul-molekul es krim yang terlepas ke udara maupun yang larut dalam air. Stimulasi proximalnya adalah kontak molekuler dengan biang-biang rasa, sel reseptor pengecap lidah dan langit-langit mulut, dipadukan dengan stimulasi penciuman. Dan objek persepsinya adalah es krim.
Kesimpulan yang saya ambil dari konsep persepsi ini pada dasarnya dalam kehidupannya, manusia tidak lepas dari kegiatan komunikasi. Komunikasi digunakan untuk dapat berinteraksi dengan lingkungan dan manusia lainnya. Dalam berkomunikasi, manusia menerima stimulus dari yang lain, sehingga ia dapat memberikan respon dari stimulus tersebut melalui panca indera yang dimilikinya. Namun dari stimulus-stimulus yang sama mungkin akan ditafsirkan secara berbeda oleh orang yang berbeda. Alat-alat indera yang dimiliki manusia menyebabkan manusia mampu berpikir, merasakan, dan memiliki persepsi tertentu mengenai dirinya dan dunia sekitarnya. Prasyarat terjadinya persepsi adalah penangkapan stimulus oleh alat-alat indera, sehingga peranan alat-alat indera sangat penting.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar